by

Kadisbud Provinsi DKI Jakarta Dukung Pentas Virtual ‘Sutradara Ngekting’

-Ragam-112 views

Jakarta, Forwannews.com | Kepala Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut baik rencana pergelaran teater secara virtual bertajuk, ’Sutradara Ngekting Dalam Lakon Petang di Taman,’ produksi bersama Teater Baling-Baling, Sanggar Humaniora, dan Zonmer Official.

“Tak ada kondisi sulit yang bisa menghentikan kesuksesan orang-orang optimis dan positif. Upaya teman-teman seniman yang sangat kreatif, termasuk fleksibilitas mengatasi rintangan dan tantangan, patut mendapat apresiasi dan dukungan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, di Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Saat ini, kata Iwan, hampir seluruh sektor kehidupan terdampak pandemi virus corona. Tak hanya kesehatan, tapi juga sektor ekonomi. “Pembatasan aktivitas masyarakat berpengaruh terhadap aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian. Dampaknya juga berimbas pada kehidupan seniman, dan pelaku industri kreatif,” terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana

Situasi sekarang, kata Iwan, tak mudah mencari dukungan donator, maupun sponsor. Sementara Pemerintah sendiri dananya terbatas karena terserap untuk mengatasi korban terdampak virus corona.

“Tapi kami berusaha mendukung terlaksananya pergelaran ini. Setidaknya untuk saat ini baru fasilitas, sarana dan prasarana yang bisa kami berikan. Insya Allah sambil berproses kita akan minta bantuan para pihak mendukung pementasan ini,” ujar Iwan.

‘Sutradara Ngekting’ didukung Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Zonmer Official (PT. Citrus Cipta Sinergi), yang bertindak sebagai impresario.

Saat ini Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memfasilitasi sarana latihan pementasan ini di Gedung Pusat Pelatihan Seni Budaya Jakarta Selatan.

Pertunjukan ini menurut rencana akan digelar secara virtual dari Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini Jakarta Pusat, akhir Desember 2020 mendatang.

‘Sutradara Ngekting’ dikemas dalam konsep multi media; film directing shot by shot. Para sutradara yang akan tampil sebagai aktor dan aktris, antara lain, Taslim Idrus, Edward AN, Mohan Mehra, Joind Bayuwinanda, Maya Azeezah, dan Ade Bilal.

Mereka adalah para sineas, dan penggiat teater, yang secara profesional sudah banyak menyutradarai sinetron maupun pertunjukan teater. Termasuk perupa (pelukis), penulis sastra, creative writer (penulis skenario), presenter, penyiar radio, dan praktisi kesenian lainnya

Pertunjukan ini akan didahului kolokium virtual dalam kajian, “Teater : Tetap Kreatif di Tengah Masa Pandemi Pantang Takluk!” Menghadirkan para seniman panggung, sineas, musisi, penggiat budaya, artis dan wartawan, antara lain; Iwan Burnani, Dedi Setiadi, Putu Wijaya, Sawung Jabo, Eddie Karsito, dan Sha Ine Febriyanti.

Dari segi pertunjukan maupun diskusi, Iwan berharap dapat memberi nilai bermakna. Bukan saja dari aspek ekonomi kreatif dalam konteks ekonomi saja, tetapi juga dimensi budaya.

“Melalui konten pergelaran ini kita harapkan dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk mengasah kepekaan, dan membentuk tanggung jawab sosial lebih luas,” kata Iwan.

‘Sutradara Ngekting’ disutradarai Iwan Burnani Toni, salah satu pendiri Bengkel Teater Rendra Jakarta. Produser, Benq (PT. Citrus Cipta Sinergi), Desain Produksi, Eddie Karsito, Co. Sutradara, Sukarya, dan Asisten Sutradara, Endin Sas.

Supervisi Musik & Musik Tema, Sawung Jabo, Penata Musik, Bagus Mazzasupa (Sirkus Barock), Penata Artistik, MasPadhik, Pimpinan Produksi, Ronny Mepet, dan Sekretaris Produksi, Didien Rochidien. *

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed