by

Launching Satunusantaranews.co.id, Gelar Diskusi Soal Jurnalis di Era New Normal

-Ragam-31 views

Jakarta, Forwannews.com | Ditengah tidak berdayanya media cetak di era teknologi 4.0, dimanfaatkan para pemilik modal untuk berinvestasi ke media on-line. Salah satunya investor asal Korea Selatan yang mencoba peruntungan di media online yang mengusung berita Nusantara. Karenanya, mereka mengusung bendera Satunusantaranews.co.id. dengan menggandeng awak yang memiliki pengalaman di bidang jurnalistik seperti Bambang Priambodo, Ray Suharsono, Gaun Virgiati yang dikombinasi dengan awak media milenial diharapkan bisa bersaing dengan media besar yang sudah mapan.

“Industri media digital khususnya online masih sangat terbuka lebar, karenanya kami mencoba peruntungan disana,” ujar Suharsono pemimpin Redaksi Satunusantaranews.co.id saat launching di Gorlion Food Park Jalan AM Sangaji Jakarta Pusat Sabtu (18/7).

Saat launching Satunusantaranews.co.id dilakukan dengan acara diskusi soal wabah Pandemi Covid 19 yang belum reda di Tanah Air.

Menurut Suharsono, Persoalan Pandemi Covid 19 juga menimpa para Jurnalis. Tidak saja berpengaruh dalam memenuhi tugas tugas jurnalistiknya, namun berpengaruh pula imbasnya secara ekonomi. Khususnya bagi para ‘Jurnalis Mandiri’ yang harus menghidupi medianya sendiri dan juga sekaligus menghidupi dirinya sendiri.

Meski tak sedikit media dari para Jurnalis Mandiri pun telah memenuhi legalitas formal. Semua semata demi memenuhi keinginan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan langsung pada sumber yang tepat.

Oleh karena itu, satunusantaranews.co.id selaku penggagas, dan didukung oleh kelompok wartawan yang tergabung pada Forum Wartawan Hiburan (FORWAN), Serikat Wartawan Indonesia (SWI) dan juga Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia, serta para wartawan dari sejumlah media yang turut hadir meliput kegiatan Ngopi Bareng Jurnalis “Ngopi Asik, Sambil Ngobrol yang Asik Asik” yakni Jurnalis di Era New Normal.

Sebuah tema yang cukup luas untuk diperbincangkan, seperti apakah seharusnya para ‘Jurnalis Mandiri’ beradaptasi dengan kebiasaan baru di era new normal ini? Atau apakah tetap mempertahankan pola pola hidup seorang Jurnalis seperti sebelum datangnya pandemi tersebut? Atau bahkan Jurnalis harus merubah gaya hidupnya secara total? Kemudian bagaimanakah yang harus dilakukan seorang Jurnalis saat menghadapi stress terkait dampak pandemi ini secara mentalitas maupun ekonomi? Karenanya, panitia menghadorkan narasumber yang mumpuni dibidangnya seperti, Dr.Jusuf Kristianto, MM, MHA, MPH, Phd; Dra.Tika Bisono, MPsi; H.Adhi Wargono; dan Agung Prasetyo Utomo, ST (bagaimana Pengusaha Ayam Geprek Juara ini mensiasati dampak pandemi covid bagi usahanya?).

Suharsono mengatakan, tanpa dukungan semua pihak terhadap keberlangsungan ‘Jurnalis Mandiri’ tentunya sangat besar seperti dari Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Korindo, Yummie Café, Jasmine Food House & Galery, Gorlion Food Park, Ropi, Ayam Geprek Juara, Taze, Lavif.co, Ayam Presto Ny. Nida, Warteg Bahagia, Seoul Teokpoki, Soto Seger Boyolali Hj. Amanah, RS PGI Cikini, Akademi Perawatan RS PGI, Poltekkes Kemenkes Jakarta, Akuratnews, Selebrita Entertainment, Serikat Wartawan Indonesia. (Buyil)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed